Cara Merawat AC Rumah Agar Tahan Lama dan Tetap Dingin

Daftar Isi
Cara merawat AC rumah agar tahan lama dan tetap dingin - AC sudah tidak asing lagi dilingkungan kita, hampir semua rumah sekarang menggunakan AC karena memang suhu udara di perkotaan Jakarta sangat panas dan kota-kota laiinya. Dengan adanya AC suhu ruangan menjadi sejuk jadi bikin segala aktifitas kita nyaman dan tidurpun nyenyak.


cara merawat ac dengan mudah

Jadi sangat penting sekali merawat AC rumah biyar kinerja AC maksimal dan tetap dingin selalu tentunya. Apabila AC kita tiba-tiba mengalami tidak dingin pasti kita sangat panik karena udara sangat panas dan aktifitaspun tidak tenang. jadi disini saya akan membahas beberapa tips cara merawat AC rumah agar tahan lama dan tetap dingin.


Cara Merawat AC Rumah Agar Tahan Lama Dan Tetap Dingin

  • Pastikan ruangan yang anda pasang AC Selalu tertutup rapat semua.
Jadi bila ruangan anda tidak tertutup rapat semua bikin kinerja AC terus menerus dan tidak akan pernah mencapai suhu yang di inginkan. Bikin mesin AC cepat panas, tentunya akan bikin umur ac lebih pendek dan borod dilistrik.
  • Apabila AC tidak digunakan segara matikan.
Bila ac tidak digunakan apa anda mau bebergian segera lah anda mematikan AC tersebut, karena air conditioning juga butuh istirahat yang cukup dan menjaga ac dari kerusakan dini.
  • Atur suhu di 22 derajat celcius.
Kalau anda terlalu sering atur suhu di bawah 22 derajat celcius akan cepat bikin mesin AC panas dan boros listrik karena mesin bekerja terus. Suhu 22 derajat celcius adalah suhu yang pas buat iklim di indonesia ini.
  • Pastikan ukuran (pk) AC dengan ruangan anda sesuai.
Kalau ukuran AC anda sesuai dengan ruangan anda, maka akan cepat mencapai suhu yang anda inginkan. Jikalau AC anda lebih kecil dari ukuran ruangan standartnya maka akan lama sekali mencapai suhu yang diinginkan dan mesin AC akan bekerja terus menerus.
  • Lakukan service AC rutin.
Jadi lakukan perawatan rutin 3 bulan sekali untuk menjaga kinerja AC biyar selalu tetap dingin dan cuci filter indoor udara 1 minggu sekali untuk menjaga kualitas udara ruangan dari virus.
  • Lakukan pengecekan freon dan amper mesin
Pengecekan freon dan amper mesin disini sangat penting, karena untuk mengetahui tekana.n freon masih full atau berkurang. kalau amper mesin untuk mengetahui kekuatan mesin masih bagus apa tidaknya. Suruhlah teknisi/tukang ac anda untuk mengecek freon dan amper mesin pada waktu anda melakukan servis rutin.

Nah itulah beberapa cara merawat ac rumah biyar tahan lama dan selalu tetap dingin. Jika ada kurang lebihnya mohon maaf, semoga ini semua dapat membantu anda dalam merawat AC split dirumah Anda.

Bila sedang membutuhkan jasa service ac atau instalasi ac dirumah,kantor,apartemen, dan restoran silahkan hubungi kontak kami - 0852 6849 0810

Salam dingin selalu. hehe......
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.