Prinsip Kerja Kulkas dan Fungsi Bagian Pentingnya

Daftar Isi
Sudah tidak asing lagi lemari es pada kehidupan kita sehari-hari,karena hampir semua rumah sudah memiliki lemasi es/kulkas. Mesin pendingin ini pada umumnya digunakan dalam rumah tangga, Fungsi utama pada kulkas ini untuk meningkatkan daya tahan makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran serta bahan makanan yang lainnya agar tetap segar. 

Jadi disini saya akan membahas tentang cara kerja kulkas serta fungsi bagian-bagian komponen yang ada dikulkas.


Inilah Cara kerja kulkas


Cara kerja kulkas disistem pendingin ialah menurut sistem penguapan Refrigerant/Zat yang digunakan sebagai bahan pendingin kulkas itu bentuknya berubah - ubah, dari mulai gas cair kemudian proses penguapan menjadi gas kembali.


Perubahan gas cair kemudian penguapan menjadi gas itu dikarenakan adanya perubahan temperatur dan tekanan dalam aliran refigerant/bahan pendingin memilik sisa gas yang bertekanan tinggi, dari tekanan kompresor sampai ke pipa kondensor.


komponen kulkas dan Fungsinya masing - masing


1. Kompresor


kompresor kulkas

    Kompresor disini berfungsi untuk memompa bahan pendingin/refrigerant keseluruh sistem pendingin. Cara kerjanya ialah mengubah tekanan sehingga terjadi perbedaan tekanan yang memungkinkan bahan pendingin mengalir dari tekanan tinggi ketekanan rendah.


2. Kondensor

kondensor luar

    Kondensor berfungsi untuk membuang kalor yang dihisap dari evaporator dan panas yang didapatkan dari kompresor dan mengubah wujud gas menjadi cair.


3. Evaporator
evaporator kulkas 1 pintu
     Evaporator berfungsi dalam suatu lemari pendingin untuk menyerap panas udara sekitar. Panas yang dimaksut panas yang dilepaskan oleh makanan yang ditaruh didalam lemari pendingin/kulkas.

4. Filter

filter kulkas

   Filter berfungsi sebagai penyerap dan menyaring semua kotoran yang ada di bahan pendingin ( freon ) yang berasal dari kondensor.

5. Thermostat



thermostat

    Themostat berfungsi sebagai pengatur suhu udara dalam kulkas dan kompresor hanya bekerja pada batas suhu yang kita iginkan atau yang diatur sesuai thermostat.


6. Start Relay


relay

    Start Relay berfungsi  menghubungkan dan memutus aliran listrik secara otomatis dari start kapasitor ke kumparan pembantu.


7. Overload Motor Protector

overload

    Overload motor protector berfungsi untuk mengamankan motor listrik pada kompresor atau memutus arus listrik yang ampernya sesuai kapasitar overload itu sendiri.  Cara kerjanya dengan memakai sensor panas, sensor bimetal yang ada dalam overload.

Nah mungkin itu saja yang saya sebutkan karena itu bagian terpenting kulkas menurut team. Bila salah satu dari komponen diatas rusak, maka kulkas tidak dingin.

Bila ada kurang lebihnya dalam saya membahas tentang prinsip kerja kulkas dan fungsi bagian nya masing-masing saya mohon maaf, saya tulis sesuai pengetahuan saya.terimkasih
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.