Alasan Kenapa Pemasangan AC Harus Divakum

Daftar Isi
Delta Multi Technic - Service AC Jakarta Selatan akan memberikan penjelasan kenapa pemasangan AC baru maupun second harus divakum?.. Terutama jenis AC yang menggunakan freon R410a dan R32.

kenapa pemasangan AC harus di vakum

Dalam pemasangan unit AC baru harus SOP ( standart operating procedure ) yang sudah ditentukan oleh perusahaan pembuat AC, dan biasanya sudah tertulis di unit outdoor ( bila pemasangan tidak divakum akan mengakibatkan AC kurang dingin ).

Bila pemasangan tidak SOP akan terjadi kerusakaan unit AC lebih awal/umur AC sebentar saja dan garansi dari perusahaan tidak berlaku sama sekali. Maka dari itu setiap pemasangan AC dari team delta multi technic selalu dilakukan vakum dan pemasangan sudah SOP.

Kenapa harus divakum AC yang menggunakan freon R410a dan R32 ?...

Karena jenis oli yang digunakan di freon R410a dan R32 berbeda dengan oli yang digunakan di freon R22.

Oli yang digunakan R410a  dan R32 ialah oli jenis POE (polyolester ), jadi freon R410a/R32 bisa melarutkan oli POE dengan baik yang mampu membawa kembali ke kompresor.

Sedangkan oli yang digunakan oleh Freon R22 ialah MO ( mineral oil ), MO ini masih menyatu dengan freon R22, jadi kemungkinan besar oli MO masih dapat disirkulasi dengan freon kembali ke kompresor.

Jadi sangat penting sekali dilakukan proses vakum pada pemasangan unit AC baru maupun second terutama unit AC yang menggunakan Freon Terbaru R410a dan R32 karenan oli POE ini sangat mudah menyerap uap air yang ada di instalasi pipa ac dan unit evaporator dan resikonnya sendiri oli lebih cepat jadi jelly dan merusak kadar oli tersebut.

Bila pemasangan AC tidak divakum mungkin tidak ada masalah dalam waktu pendek tapi untuk jangka panjangnya kurang bagus dan bisa dirasakan dinginnya juga kurang maksimal, kinerja AC juga kurang bagus karena freon bercampur dengan angin dan kotoran yang ada dipipa ac.

Tidak divakum bisa menyebabkan AC bisa tidak dingin sama sekali.

Jadi AC baru sekarang diharuskan divakum biyar dingin maksimal dan tahan lama. Mungkin itu saja yang dapat dijelaskan tentang kenapa pemasangan unit AC harus divakum dan bila ada kawan teknisi yang bisa menjelaskan dengan versi yang lain bisa komen dikolom komentar.

Disetiap AC baru hampir semua dikardus maupun di unit outdoor sudah tertulis pemasangan AC harus divakum minimal 15 menit, bila pemasangan tidak standart garansi pabrik tidak berlaku.

Disini kami masih belajar juga masih banyak kurangnya. bila ada kesalahan dalam penjelasan kami mohon maaf, karena semua memiliki pemahaman sendiri sendiri, terimakasih semoga bermanfaat. salam dingin selalu,
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar