Penyebab AC Tidak Dingin dan Outdoor Mati Hidup

Daftar Isi

Penyebab outdoor mati hidup - Pernah kan mengalami hal ini yang sring terjadi pada unit ac dirumah atau kantor anda, kita sedang istiharat dan bekerja tiba tiba ac tidak dingin dan terdengar unit outdoor mati hidup sendiri pasti sangat ganggu sekali.

disini kita akan bahas 5 penyebab ac tidak dingin dan outdoor mati hidup, jangan kawatir kan kita bahas dibawah ini semua.

penyebab ac tidak dingin dan outdoor mati hidup


1. Cek thermsitor AC pada indoor unit

Cara cepat mengetahui thermsitor rusak ialah dengan mengukur dengan multi meter (tester) putar ke arah VDC lalu pasang kabel probe ke kabel thermistor. Jika suhu dalam ruangan 25 derajat maka angka dimultimeter menunjukan 2,5 vdc atau nilai lainnya, tergantung dari suhu ruangan tersebut.

Jika menunjukan angka 0VDC atau nilainya berubah ubah maka dipastikan thermistor rusak. Silahkan diganti dengan yang baru yang sesuai dengan merk AC tersebut

2.Cek tekanan freon

Kurangnya tekanan freon bisa menyebabkan ac tidak dingin atau mesin mati hidup, karena suhu diruangan tidak tercapai dengan cepat.

Penyebab freon berkurang dikarenakan adanya kebocoran pada unit indoor dan outdoor atau di penyambungan nepel tidak maksimal.

Cek tekanan freon dengan manifold gauge dengan menancapkan selang manifold ke nepel pengisian freon dan cek jarum manifold menunjukan ke angka berapa, misal ke angka 20psi, berarti kurang froenya.

Tekanan normal freon AC

  • R22 - 80 psi
  • R32 dan R410a 160 psi

Penting, bila ingin melakukan isi freon harus cek ampere kompresor juga, jadi jangan patokannya tekanan saja, dilihat amperenya masih oke apa tidak, bila tidak tekanan freon harus disesuaikan dengan ampere yang ada dinamplate.

3. Cek kapasitor kompresor

Penyabab AC tidak dingin atau mesin outdoor mati hidup dipicu dari kapasitor rusak, jadi mesin compresor ngak bisa hidup atau ngak bisa bekerja maksimal. 

Kapasitor rusak ditandai dengan mesin mati hidup dan mati total gak hidup sama sekali atau hidup tapi ampere mesin tinggi  ( melebihi standart namplate ) dan bisa dicek dengan menggunakan multi tester. contoh Kompresor ac menggunakan 30uf (mikro), kita cek dengan multi meter ternyata tidak 30uf atau nilainya berubah ubah berarti rusak dan harus diganti.

4. Cek unit indoor dan outdoor apa sudah kotor

Salah satu penyebab outdoor mati hidup karena AC sudah kotor waktunya dicuci.

Kotoran yang menutupi evaporator dan kondensor bisa menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar. Jadi yang terpenting di unit outdoor harus mendapatkan lokasi yang luas biyar bisa membuang udara panas yang dihasilkan kondesor dan jangan sampai tertutup debu atau kotoran biyar sirkulasi lancar. Jika evaporator dan kondensor kotor maka solusinya harus service AC.

5. PCB Modul AC Error

PCB modul ac juga menjadi salah satu penyebab ac tidak dingin dan outdoor mati hidup, Pcb modul ac rusak disebabkan karena listrik dirumah anda tidak stabil jadi komponen dalam modul cepet panas dan akirnya rusak, bisa jadi dikarenakan kena tegangan listrik. solusinya service modul ke tukang service.

Itulaha penyebab AC tidak dingin dan Outdoor mati hidup, bila ada kurang lebihnya dalam kita membahas atau menulis kami mohon maaf karena manusia tidak ada yang sempurna, semoga berguna untuk kita semua. terimakasih.

Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar