Cara Menentukan Ukuran AC Untuk Ruangan

Daftar Isi

 Cara Menentukan ukuran ac untuk ruangan, Pada kali ini kami akan berbagi sedikit tips untuk anda yang sedang bingung mencari AC yang cocok sesuai ruangan yang anda miliki.

Air conditioning ( AC ) saat ini sangat banyak sekali peminatnya dikarenakan suhu udara di tempat kita tinggal lumayan panas dan AC ini bisa mendinginkan ruangan dengat cepat, jadi kita istirahat, berkumpul dan tidur pun sangat enak sekali.

CARA MENENTUKAN PK AC UNTUK RUANGAN

Untuk anda yang membeli rumah baru, bangun rumah, ngontrak, bikin cafe dan kost kost dll, ingin anda kasih AC/pemasangan AC baru jangan sampai salah pilih ukuran ac yang cocok untuk ruangan yang anda,kapasitas AC untuk ruangan anda sangat berpengaruh sekali terhadap tingkat kedinginannya.

Jangan sampai kapasitas AC kurang besar untuk ruangan atau sebaliknya AC terlalu besar untuk ruangan anda, jadi bisa menyebabkan pemborosan listrik juga dan bisa menyebabkan rungan tidak dingin, jadi hitung dulu kapasitas ac untuk ruangan tersebut.

Sebagai contoh saya memiliki rungan yang lebarnya 3 meter panjangnya 4 meter, jadi 3 x 4 = 12m2 ,jadi berapa ac yang cocok untuk ruangan saya ?..

Cara menghitung Ukuran AC untuk Ruangan, bisa kita cari sendiri dengan mudah, Cara hitung dengan cepat ialah luas ruangan dikalikan 500, jadi bila 3 x 4 = 12m2, tinggal dikalikan saja 12 meter persegi x 500 = 6.000 , nah itu hasilnya 6.000 jadi kita butuh AC yang kapasitasnya 6.000 BTU/H atau lebih besar dari 6.000 juga lebih baik dan hasilnya akan lebih dingin dan AC juga awet.

Jadi untuk jawaban diatas ialah membtuhkan AC yang 1/2 pk atau 3/4pk.

Dibawah ini kami cantumkan BTU AC atau PK AC

  • AC ukuran 1/2 pk 5.000 BTU/H
  • AC ukuran 3/4 pk 7.000 BTU/H
  • AC ukuran 1 pk 9.000 BTU/H
  • AC ukuran 1,5 pk 12.000 BTU/H
  • AC ukuran 2 pk 18.000 BTU/H
  • AC ukuran 2,5 pk 24.000 BTU/H
  • AC ukuran 3 pk 27.000 BTU/H
  • AC ukuran 5 pk 45.000 BTU/H
Jadi setiap merk AC ada yang memilki ukuran BTU sendiri, tabel diatas untuk standartnya aja.
BTU ialah British Thermal Unit. BTU/H (hour) sendiri bisa dibilang kekuatan AC untuk mendinginkan Ruangan per jam, Jadi semakin besar Btu yang anda gunakan semakin besar juga kapasitas Pk AC anda dan semakin cepat juga dalam mendinginkan ruangan.

Bila anda mau memasang AC untuk kantor, kami sarankan untuk menggunakan AC yang lebih besar dari berpehitungan diatas karena semakin banyak orang dalam ruangan juga berpengaruh dalam AC mendinginkan ruangan.

Bila ruangan kantor anda lebih dari 3 orang gunakan AC yang ukurannya lebih besar tetapi bila dalam ruangan 1 orang ikuti perhitungan diatas ya gpp. hehe...
Karena perhitungan diatas hanya untuk standart rumahan, kost, kontrakan dll.

Butuh AC berapa PK untuk kamar atau ruangan ?
  • Ruangan atau kamar ukuran 3x3 membutuhkan AC 1/2PK
  • Ruangan atau kamar ukuran 3x4 membutuhkan AC 3/4pk
  • Ruangan atau kamar ukuran 3x5 membutuhkan AC 1pk
  • Ruangan atau kamar ukuran 4x5 membutuhkan AC 1,5pk
  • Ruangan atau kamar ukuran 4x6 membutuhkan AC 2pk
  • Ruangan atau kamar ukuran 5x6 membutuhkan AC 2,5pk
Untuk ukuran ruangan diatas hanya untuk standart saja dan tinggi ruangan/plafonnya 3,5 meter, bila lebih dari itu kami sarankan pakai ac yang lebih besar pknya, nah itulah cara menentukan ukuran pk ruangan.

yang sering kami jumpai dilokasi ruangan ukuran 3x4 , 3x5 dan 4x5 masih banyak yang menggunakan ac 1/2 pk atau 5.000 btu/h. Tapi gpp sih, karena disesuaikan dengan kebutuhan dan kekuatan daya listrik dirumah masing-masing. (minusnya ac akan sering bermasalah dan error ).

Cukup sekian dulu pembahasan cara menentukan ukuran ac untuk ruangan, cara menghitung pk ac untuk ruangan, berapa kapasitas ac untuk ruangan. Bila ada kurang lebihnya mohon maaf, bila anda mmebutuhkan layanan jasa pemasangan AC di wilayah jakarta selatan silahkan hubungi team kami di ( layanan bongkar pasang ac )
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar