Tips Perbaiki Mesin Cuci Nyetrum Atau Grounding

Daftar Isi
Cara perbaiki mesin cuci nyetrum atau grounding, Sebelum masuk kedalam masalah perbaikan saya jelaskan dulu penyebab mesin cuci nyetrum. Sebenarnya bukan nyetrum dari aliran listrik dari instlansi, tetapi nyetrum dari tidak ada grounding pada mesin cucinya. setrumnya sendiri tidak berbahaya cuma membuat kita kaget saja sebenarnya, tapi jika kita trauma pada setrum  pasti kita takut. 

Penyebab mesin cuci nyetrum atau grounding antara lain :

1. Tidak terpasang arde/grounding

Biasanya instalansi listrik rumah tidak pakai kabel arde/grounding atau kita menggunakan kabel roll, di kabel roll sendirinya biasanya cuma ada 2 kabel saja jadi untuk kabel ardenya gak ada.

2. Ada bagian kabel yang terkelupas

Kabel terkelupas biasanya digigitin tikus dalam rangkainnya kabel mesin cuci.

3. Kondisi seal rusak

Seal yang rusak disebabkan oleh pemakain atau karena mesin cuci itu sudah berusia lama jadi waktunya untuk diganti seal baru biar air gak rembes ke dinamo.

Menurut dari pengalaman kasus yang sering terjadi cuma tiga tersebut. jadi kalau mesin cuci kita nyetrum sebaiknya cepat kita perbaiki.

Cara perbaiki mesin cuci nyetrum ikuti langkah berikut :

- Balik Colokan Power Mesin Cuci

Maksud dari balik colokan disini adalah colokan mesin cuci dapat dipasang  bolak balik. Jadi jika pada posisi pertama terasa nyetrum maka tinggal kita balik, jika sudah dibalik masih saja terasa nyetrum kemungkinan ada arus yang bocor pada rangkain instalansi meisn cuci.

- Pasang kabel arde/grounding

Pemasangan kabel grounding dapat dilakukan sendiri dengan menempelkan kabel ke body mesin cuci dengan sekrup dan paku kelantai atau dinding terdekat, lilitkan kabel yang sudah dikupas bagian ujung nya masing masing dan lilitkan kabel kesekrup yang sudah menempel pada body lalu lilitkan juga kabel ke paku yang sudah nempel kedinding/lantai.

- Ganti Seal Yang rusak

Seal yang rusak tidak bisa menahan air, sehingga akan terjadi kebocoran air ke dinamo atau komponen mesin cuci. Jadi ini juga salah satu penyebab nyetrum nya mesin cuci. 

Untuk itu gantilah seal yang rusak dengan seal baru,apabila sudah diganti tetap bocor berarti harus ganti gearbox sekalian. Nah disini pasti kita tidak bisa melakukannya sendiri untuk menganti seal dan gear box ini maka diperlukan tukang mesin cuci yang sudah pengalaman dibidangnya.

- Gunakan Sandal Karet Waktu Mencuci

Fungsi sandal jepit disini untuk menjaga kita dari sengatan listrik langsung yang ada dimesin cuci. jadi biasakan mencuci menggunakan sandal karet, apalagi kalau tempat mesin cuci nya basah.

Mungkin itu tips memperbaiki mecin cuci nyetrum menurut saya dan pengalaman saya selama jadi tukang mesin cuci. Bila ada kurangnya mohon maaf,tapi pasti banyak kurangnya. Bila artikel ini membantu anda dalam masalah mesin cuci nyetrum silahkan bagikan ke teman teman anda atau saudara terdekat.
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.