Penyebab AC Bocor Air Dan Cara Memperbaikinya

Daftar Isi
Kesal dengan AC rumah yang sering bocor air, nah disini kami akan memberi tahu penyebab dan solusinya. Sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu merawat perangkat elektronik kita khususnya di AC ( air conditioning ) dan selalu memperhatikan kebersihan pada AC kita untuk menjaga udara yang dikeluarkan oleh AC tetap bersih dan pastinya akan memperpanjang usia AC.

penyebab ac bocor air dan cara memperbaikinya

AC yang jarang mendapat perawatan dari pemiliknya akan sering mendapat kendala pada unit AC,salah satunya bocor air dan bisa jadi masalah yang lebih fatal lagi. Mengapa AC harus rutin di service? karena untuk mencegah segala kerusakan ringan yang terjadi pada unit AC dab biyar cepat mendapat perhatian dari pemiliknya. ( temukan layanan jasa service ac disini Delta Multi Technic ).

5 penyebab AC bocor air dan cara memperbaikinya menurut team kami :
  1. Saluran pembuangan mampet
  2. Kemiringan unit AC tidak level
  3. Kondensasi pada pipa AC
  4. Kondensasi unit indoor
  5. Talang belakang unit indoor mampet
Cara Memperbaiki AC bocor Air
  1. Buka cashing indoor lalu cari lubang saluran pembuangan/drain (terletak dikanan / kiri ) bila sudah ketemu semprot dengan air drain nya sampek bersih total biyar air dari talang indoor turun dengan lancar. Mampet ini disebabkan karena instalasi pipa drain terlalu datar dan pipa drain kecil.
  2. AC yang tidak level waktu pemasangan unitnya bisa mengakibatkan bocor juga, karenan air ditalang belakang maupun belakang tidak bisa mengalir ke drain. Cara mengatasinya ialah harus bongkar unit indoor dan rubah posisi braket indoor dengan level dan pasang kembali indoornya.
  3. Kondensasi pada pipa AC disebabkan oleh pembungkus pipa ( armaflek ) sudah t rusak, ini biasanya AC yang usianya diatas 3 tahun lebih beropersional. jadi cara memperbaikinya tarik indoor yang bawah dan ganjal dengan benda apapun biyar bisa melepas pembungkus pipanya dan ganti dengan pembungkus pipa yang baru dan bungkus lagi armafleknya dengan daktif biyar lebih aman.
  4. Kondensasi unit indoor sebabkan oleh indoor yang sudah kotor jadi sirkulasi udara yang dikeluarkan oleh fan AC tidak sempurna. Cara memperbaikinya anda harus melakukan service unit AC ( cuci ac ), bisa anda lakukan sendiri bila mempunyai peralatannya atau anda panggil penyedia jasa service terdekat.
  5. Talang belakang unit indoor AC mampet disebabkan karena banyaknya lendir yang menyumbat talang, talang belakang sendiri kecil jadi rawan tersumbat. Cara memprbaikinya harus melakukan overhoul unit indoor, overhoul disini harus membongkar unit indoor dan indoor harus dibongkar total sehingga dapt dicuci dengan bersih semuanya bila sudah selesai tinggal pasang kembali indoor nya. bila sudah selesai ac bisa tambah dingin kembali dan angin fannya tambah kenceng lagi, udara yang dikeluarkan juga bersih.
Nah itulah penyebab ac bocor air dan cara memperbaikinya bila ada kurang lebihnya dalam team kami membahas semuanya kami mohon maaf, karena kami tulis sesuai kemampuan team kami dan pengalaman pribadi. Bila permanfaat untuk anda silahkan share. bila ingin anda yang ditanyakan silahkan coment dibawah.
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.