Kesalahan Umum Dalam Memakai AC Dirumah

Daftar Isi
kesalahan umum memakai ac


Air conditioning atau AC saat ini sangat banyak sekali diminati masyarakat indonesia karenan udara nya panas sekali, khususnya di daerah jakarta ini hampir setiap rumah sudah memakai AC sekarang ini. 

Tentunya kita dalam memakai peralatan elektronik pendingin ini ingin awet dan tahan lama, jadi jangan lupa untuk melakukan perwatan pada ac dan salah memilih AC yang cocok umtuk ruangan yang akan kita pasangi AC tersebut.

Jangan sampai kita kurang paham dalam memilih AC dan dalam penempatan AC itu sendiri, jadi bila salah memilih dan memakai akan menimbulkan usia ac sangat pendek sekali dan menimbulkan kinerja AC tidak maksimal.

kesalahan Umum yang sering terjadi dala memakai AC
  • Menggunakan AC tidak sesuai dengan ukuran ruangan
Untuk mendapatkan dingin yang maksimal maka kita harus menggunakan ac yang PK (ukuran) sesuai dengan ruangan yang akan kita pasangi alat pendingin ruangan. 

Karena AC sangat mempengaruhi sekali dalam awet apa tidaknya. Misalnya kita memiliki ruangan 4 x 6 m2 maka ac yang harus kita pakai 3\4pk. 3/4 pk ini akan mendinginkan runagan 4 x 6 m2 dengan normal dan cepat dan jika ruangan kita 4 x 6 kita kasih ac 1/2pk maka kinerja ac tidak maksimal ,mendinginkan ruangan lama sekali menyebabakan AC kita kerja terus menerus sampai suhu ruangan yang kita ingin dan tidak akan tercapai.

Jika dikasih 1/2 pk maka usia ac akan tidak lama dan menyebabkan sering terjadi masalah.
  • Pemasangan unit outdoor ditempat sempit
Pemasangan unit outdoor ini sering sekali kita temui ditempatkan dilokasi yang sempit sekali, jadi menimbulkan overload karena tidak bisa sirkulasi udara dengan baik, yang dihisap udara panas melulu.

seharusnya unit outdoor ini ditempatkan dilokasi yang luas dan dapat sirkulasi udara yang bagus, jadi udara yang dihisap selalu berganti, atau bisa bekerja dengan maksimal.

sering kita temui kalau unit outdoor didalam kamar mandi, depan unit outdoor dikasih jemuran pakain dengan alasan biyar cepat kering, tapi ini sangat tidak bagus untuk kinerja AC, dan dilokasi tertutup seperti garasi dll.
  • Tidak Memeprhatikan kebersihan AC atau kurangnya perawatan
AC jika ingin tahan lama dan awet maka lakukan terhadap unit ac tersebut dengan service rutin, membersihkan saringan udara rutin. Bila kita jarang service AC maka kinerja ac akan berkurang dan yang terjadi akan terjadi kerusakan dalam unit AC tersebut.

Untuk menjaga AC tahan lama, lakukan service rutin minimal 3 bulan sekali dalam pemakaian 12 jam sehari setiap hari, dan bila 24 jam nonstop lakukan service rutin 2 bulan sekali dan lakukan pengecekan freon dan ampere untuk mengetahui ac kita bekerja dengan maksimal.
  • Pengunaan suhu pada ac
AC berperan dalam pengatur suhu dalam ruangan, sehingga anda harus pintar dalam menentukan suhu ruangan dikantor apa dirumah.

Untuk menjaga AC selalu kerja optimal gunakan suhu antara 22 sampai 25 bila anda menggukan suhu normal ini maka AC akan bekerja dengan maksimal dengan sendirinya dan bisa mengatur kapan mesin kompresor stunby.

Bila anda menggunakan suhu 16 selalu dengan keinginan ruangan bisa dingin maksimal maka ac akan bekerja terus menurus, komponen komponen AC bekerja secara terus tidak ada istihatnya, maka usia akan tidak lama juga.

Nah itulah yang bisa saya bagikan kepada anda semua, bila ada kurang lebihnya saya dalam menulis artikelnya diatas mohon maaf, saya masih belajar juga kok, yang saya tulis sesuai yang saya alami dilkokasi, terimakasih. Kesalahan umum dalam memakai AC dirumah.
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar