5 Penyebab AC Bocor Air Setelah Dicuci atau service

Daftar Isi

 Penyebab AC bocor air setelah diservice, ini yang sering kami terima pertanyaan dari konsumen. AC saya kok bocor mas setelah dicuci padahal sebelumnya tidak ?. AC saya kok tetap bocor mas setelah diservice ?. AC saya kok jadi tambah parah bocornya?. Semua akan kami jawab disini penyebabnya setelah service bocor air.

penyebab ac bocor air
Jadi tenang teman teman semua jangan panik dulu bila habis service/cuci tetap bocor air, biasanya dari teknisi anda memberikan jaminan garansi service cuci jadi tinggal ngomong aja AC nya masih bocor mas.

Jadi disini langsung saja ke penyebabnya ya, simak sampai selesai biyar paham dan tidak salah paham sama teknisinya, hehe. Jadi AC setelah service ada beberapa penyebabnya antara lain dibawah ini :

#Selang aliran air atau pembuangan air tersumbat lendir sisa

Ini disebabkan oleh lendir sisa kotoran yang menempel pada evaporator atau pada talang air AC yang menyumbat lubang pembuangan AC jadi air tidak bisa mengalir keselang pembuangan karena tersumbat kotoran atau lendir, jadi air tumpah kedalam ruangan.

Untuk permasalahan ini biasanya cukup mudah sekali dengan mematikan AC dan tunggu air yang netes kedalam ruangan habis atau tidak netes lagi lalu nyalakan AC lagi dan tunggu beberapa lama, bila tidak netes lagi kotoran yang menyumbat tadi sudah hanyut keselang air. tapi tidak semua bisa ikut hanyut lo ya.

#Pemasangan selang air tidak pas

Nah kali ini sedikit aneh mungkin, Jadi ini awal mulanya waktu cuci AC teknisi melepas selang air yang ada diindoor untuk maksut menyemprot selang air biyar bersih dan waktunya memasanganya tidak sempurana 100% jadi menyebabkan sedikit bocor.

Kenapa kok bisa waktu pemasanganya tidak sempurna karena lokasi susah,selang air pas pasan, ada beberapa AC posisi selang air ini sulit ngak kelihatan dari depan jadi waktu pemasangan bisa jadi tidak sempurna.

#Pemasangan talang air depan tidak pas

Ini penyebab netesnya airnya karena waktu pemasangan talang air depan tidak pas keposisi awalnya, untuk pemasangan talang air ini tidak pas sedikit saja menyebabkan bocor air lo, tapi gak semua ac bisa  dilepas juga talang depannya.

Untuk netes airnya ini dari air talang belakang tidak jatuh pas pada talang depan tadi. Tinggal panggil teknisi yang service suruh cek ulang.

#Saluran talang air belakang AC tersumbat

Penyebab AC bocor air setelah dicuci, ini salah satu penyebab yang sering kita temukan diwaktu kerja, penyebabnya ini karena AC tersebut sangat kotor banget dan banyak kotoran.

Sedangkan untuk talang belekang sendiri tidak bisa dibersihkan 100% karena tertutup dengan evaporator indoor AC, jadi kotoran lendir ini biasanya menyumbat saluran air talang belakang yang turun ke talang depan. Untuk saluran air ini biasanya lumayan kecil jadi mudah sekali tersumbat.

Solusinya kalau bocor yang disebabkan mampet talang belakang ini adalah dengan overhould unit indoor, dengan bongkar indoor dan dicuci total dibawah dan disbersihkan semua bagian yang kotor biyar bersih seperti AC baru.hehe

#Kotoran yang menyangkut dievaporator

Biasanya ini sangat sedikit sekali terjadi, kecuali AC nya sangat kotor sekali. Jadi saat pencucian AC ada kotoran yang dibalik evaporator yang tidak bisa jatuh jadi menyebabkan air ngak bisa lancar turun ke saluran air atau talng air.

Untuk bocornya air ini sangat sedikit sekali, cuma netes kadang kadang saja kedalam ruangan atau kamar.

Semua penyebab AC bocor air setelah dicuci atau service yang kami tulis ini sesuai pengalam team kami saat setelah service,mungkin ada penyebab lain yang bikin bocor yang belum kami tulis bisa share dicolom coment.

Sebenarnya ini jarang terjadi setelah service bocor air, cuma kadang kadang saja diteam kami. Karena banyak yang tanya jadi kita tuliskan disini untuk menjawab pertanyaan yang masuk ke kami.

penyebab bocor air setelah service ini, bukan dibuwat buwat sama teknisinua melainnya kurangnya sedikit teliti saja, jadi bocor dech.

Cukup sekian ya teman teman bila ada kurang lebihnya kami mohon maaf, kami disini juga masih belajar dalama service. Bila anda tinggal dijakarta selatan dan sedang membutuhkan jasa service silahkan hubungi kontak kami.

Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar