Penyebab AC Mati Hidup Sendiri

Daftar Isi
Penyebab AC Mati Hidup sendiri

Penyebab AC mati hidup sendiri - Oke teman teman semua kali ini kami akan membagikan sedikit pengalaman yang kita temua disaat kita sedang service ke pelanggan kami. jadi masalah sepele ini sangat sering sekali kita jumpai dan sangat sering sekali ditanyakan oleh pelanggan setia atau pelanggan baru.

Semua pertanyaan dari teman teman dan pelanggan akan kami jawab tuntas dibawah ini, jadi jangan pusing lagi bila terjadi masalah pada AC anda semua. Anda berkunjung artikel pasti tau penyebab dan cara mengatasinya.. hehehe

Semua penyebab AC mati hidup sendiri bisa diperbaiki sendiri dengan hati hati dan teliti, tapi apa bila anda takut tambah rusak mending pangil teknisi langganan anda untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Kalau sudah teknisi yang sudah memainkan obengnya dan peralatan nya pastia akan terselesaikan dengan cepat dan pastinya tidak terjadi error lagi. Jadi masalah AC anda tuntas begitu saja.

Jadi langsung saja ke penyebab AC mati hidup sendiri

1.Timer Menyala

Untuk timer menyala ini biasanya karena ngak sengaja kepencet mengaktifkan timer pada remot control, jadi bisa menyebabkan AC mati hidup sendiri. Ini cuma permasalahan sepele jangan diangap serius loo, karena kesalahan kita sendiri atau kepencet anak anak kecil dirumah.

Cukup mudah kok mematikannya dengan cara mereset remot dan AC, matikan AC dengan mencabut colokan/steker dan lepas batarai remot control, kurang lebih 5 - 10 menit lalu pasang kembali batrai dan steker dan hidupkan AC selesai dech ngak timer lagi.

2.Thermistor Rusak

Untuk rusak termistor ini biasanya AC tidak berfungsi normal dan jadi salah satu penyebab AC mati hidup sendiri. Karena thermistor ini berfungsi untuk menentukan suhu dalam ruangan,bila thermistor otomatis ini rusak jadi ngak bisa baca suhu dalam ruangan.

Permasalahan ini cara mengatasinya dengan menganti thermistor dengan yang baru dan dengan cara menjauhkan posisi thermistor dari evaporator (tapi jangan yang thermis pipa ya, jauhkan yang thermis mata kucing atau angin), bila dijauhkan masih saja terjadi mati hidup jadi mau ngak mau harus ganti.

3.Sensor Terdapat kotoran

Untuk permasalahan ini yang sering terjadi apabila AC kita jarang dibersihkan atau service. Debu yang menempel pada pcb sensor pada unit AC menyebabkan kinerja sistem sensor terganggu dan ini bisa menyebabkan AC mati total tidak bisa hidup atau tidak bisa diremot.

Untuk mengatasi masalah copot bagian sensor dan bersihkan pcb sensor dari kotoran debu atau kotoran yang lainnya. Membersihkan pcb ini bisa pakai cairan khusus pembersih pcb atau juga bisa dengan kain yang dibasahi dengan air, bila pakai ini ini tunggu pcb sampai kering dulu ya waktu pemasangan.

4.Tombol Power AC

Untuk penyebab AC mati hidup yang ke empat ini sangat jarang sekali terjadi pada AC baru, yang sering terjadi pada AC yang sudah lama. Sangat sepele sekali sih cuma bikin jengkel juga ini.Untuk tombol ini bisa jadi karena cuma terpencet oleh kesing AC.

Dengan cara membetulkan kesing AC bisa sudah sembuh permasalahan ini. Bila masalah tidak dari terpencet kesing, cek ke bagian tombol power bila kotor bersihkan dan bila perlu ganti saja. Bisa juga dengan cuma mencopot tombol power ngak usah diganti, tapi pastikan remot dan sensor berfungsi semua.

5.PCB Modul

Kerusakan PCB Modul ini disebabkan karena terjadi drop voltase listrik atau terjadi ketidak stabilan voltase dan ada juga disebabkan karena cicak mati menempel pada PCB modul (lumayan sering team kami menemukan kasus ini).

Ada sebagian komponen elektriknya yang sudah rusak dan waktunya ada pengecekan dan pengantian komponen tersebut. Sebenarnya PCB rusak ini sangat jarang sekali terjadi bila listrik dirumah kita stabil 220 atau diatas 200 volt saja sudah cukup.

6.Freon Kurang

Terjadi kurang freon ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena bocor dipipa AC,evaporator dan kondensor. Bocor disebakan oleh nepel sambungan yang kendor dan kran nepel silnya rusak.

Cek tekanan freon dan bila tekanan freon kurang dari standart isi ulang, tapi perbaiki yang bocornya biyar tidak terjadi kekurangan freon lagi.

Itulah 6 penyebab AC mati hidup sendiri yang sering kita jumpai disaat team kami malakukan perbaikan atau service, jadi bila AC teman teman mati hidup coba periksa dan lakukan perbaikan sendiri siapa tau bisa normal lagi.

Untuk bisa mati hidup sendiri yang paling sering team kami jumpai ialah panasonic, samsung, sharp dan merk lainnya.

Sebenarnya masih ada masalah beberapa lainnya penyebab AC mati hidup ini, tetapi yang kita cantumkan yang paling sering kita jumpai dilapangan kerja saja, untuk yang lainnya bisa ditanyakan ke kontak kami.

Apabila anda anda tinggal dijakarta selatan,sedang mencari tukang service profesional silahkan hubungi kontak kami. Sekian dulu artikel tentang masalah AC mati hidup sendiri sampai jumpa diartikel yang liannya.

Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar