Tips Merawat AC Agar Awet

Daftar Isi
cara merawat ac

Merawat AC agar awet - sama seperti elektronik yang lainnya yang butuh perawatn ektra juga ni AC, untuk menjaga kinerja AC selalu prima dan tentukan bikin usia AC lebih awet atau tahan lama.

AC yang kurang perawatan tentunya bikin perangkat elektronik ini semakin tidak optimal kinerjanya, yang bisa menyebabkan kurang dingin AC, bocor air , bau tidak sedap dan sampai terjadi kerusakan yang parah sekalipun.

rawatlah AC anda untuk meminimal kerusakan pada perangkat elektroni pendingin ruangan dirumah anda.

Jika AC anda sudah anda ada tanda tidak normal segera hubungi teknisi AC terdekat anda yang bisa dipercaya.

Nah dibawah ini kita akan sedikt berbagi car merawat AC yang benar.

1. Rutin membersihkan filter udara AC

Salah satu penyebab AC tidak dingin atau bau tidak enak, disebabkan oleh filter yang sangat kotor. Untuk itu lakukan pencuncian pada filter minimal 2 minggu sekali, bila ada bayi lebih baik 1 minggu sekali lebih baik, untuk menjaga kualitas udara bersih dan segar.

2. Rutin Cuci AC

Untuk cuci rutin ini biasanya dilakukan oleh ahlinya, cuci rutin untuk menjaga kinerja AC selalu bekerja maksimal dan membuat evaporator, blower dan unit kondensor selalu bersih dari kotoran. Kotoran yang menyumbat sirkulasi udara pada evap dan kondensor bisa menyebabkan kinerja AC kurang normal.

Untuk cuci rutin lakukan minimal 3 bulan sekali, bila ada anaak bayi 2 bulan sekali lebih baik.

3. Periksa komponen AC

Melakukan pemeriksaan pada komponen AC juga dilakukan oleh ahlinya. Tujuannya untuk mengetahui apa saja yang sudah waktunya ganti atau lemah komponennya. lakukan cek freon, amper, kecepatan kipas, kapasitor pengerak, rutin setiap cuci ac.

4.Tidak menggunakan suhu ac dibawah 22 derajat

Tidak disarankan sih menggunakan suhu dibawah 22 derajat, karena bikin kinerja AC semakin berat untuk mencapai  suhu di 16 derajat misalnya.

Sebenarnya tergantung kebutuhan sih, tapi kan tips menjaga ac biar awet, jadi gunakan suhu normal di 22 derajat. bila menggunakan suhu dibawah 22 derajat maka kompresor akan bekerja keras untuk mendinginkan ruangan.

5. matikan AC bila tidak digunakan

Mulailah membiasakan mematikan AC bila tidak digunakan untuk menjaga komponen dari kerusakan parah. AC yang mati kan tidak bekerja jadi dia untuk menjaga komponen elektronik pada AC.

6. Usahakan jangan nyalakan 24 jam nonstop

Kebiasan orang ini menyalakan AC nonstop dengan beralasan hemat listrik dan karena tidak suka panas, minimal matikan AC anda untuk memberi ruang komponen AC beristirahat bekerja mendinginkan ruangan.

oke itu saja dari kami merawat AC dengan benar dan menjaga AC biar awet selalu. Bila anda membutuhkan tukang AC silahkan hubungi kontak kami untuk informasi lebih lengkap.


Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar