Penyebab munculnya kode E9 pada ac hisense

Daftar Isi

Kode e9 pada ac hisense

 Penyebab munculnya kode E9 pada AC Hisense - banyak pertanyaan yang masuk ke WA kami apa penyebab muncul kode E9 ini. Jadi kami disini mau sedikit berbagi pengalaman sedikit tentang cara mengatasi kode E9 dan penyebabnya.

AC hisense masuk indonesia termasuk baru sih, tapi sudah banyak sekali dan tidak sedikit yang sudah mengalami error ringan sampai berat, ya namanya elektronik pasti lama kelamaan juga rusak.

AC hisense ini dari segi harganya cukup murah sih menurut saya tapi gak murahan juga. harga murah tapi banyak fitur yang ada di unit Air conditioning hisense.

Salah satu fitur yang sangat berguna untuk perlindungan AC hisense ialah Self Diagnosis. Fitur self diagnosis berfungsi untuk mencegah kerusakan pada unit AC lebih parah dan bila terjadi kerusakan akan muncul kode error pada Led display unit indoor AC.

Salah satu contoh yang muncul pada display adalah kode E9 yang artinya ada keboran gas. tapi namanya kode error pasti beda arti dengan penanganan atau masalah yang timbul.

Oke kita ke penyebab AC hisense keluar kode E9

Kode E9 ini muncul karena thermistor membaca tidak ada hawa dingin pada sekitar thermis, sehingga fitur self diagnosis berkerja memutus sistem kerja AC untuk mecegah rusak lebih fatal.

Penyebab tidak ada hawa dingin pada evaporator indoor ini disebebakan oleh beberapa hal berikut :

  • Freon habis/kurang
  • Kompresor tidak hidup
  • Kipas fan blower mati
  • Kapasitor mati
  • Unit outdoor mati hidup
  • Thermistor rusak
  • Unit AC kotor
Maka dari diperlukan untuk penanganan lebih lanjut dan dilakukan oleh teknisi spesialis AC atau mau dicek sendiri boleh asal menguasi teknik AC.

Cara mengatasi Kode E9 Pada AC Hisense

#1. Cabut stop kontak AC atau turunkan MCB sekitar 5 - 10 menit lalu colokan kembali dan hidupkan AC.

#2. Bila AC sudah hidup, lakukan pengecekan ke tekanan freon apakah masih normal atau tidak atau tidak, bila tekanan freon kurang isi lagi sampai full.

#3. Periksa kebagian kompresor, Blower outdoor, kapasitor kompresor, kondensor kotor atau tertutup barang dan thermistor.

#4. Bila sudah ketemu masalahnya segera perbaiki masalahnya untuk menghindari kode E9 keluar lagi.

Sebenarnya kode E9 pada ac hisense ini yang sering terjadi ialah terjadi kebocoran refrigerant atau freon.

AC Baru kok bisa terjadi kebocoran ? , bisa saja bocor karena pemasangan kurang benar dan instalasi pipa tembaga AC tidak standart. 

Ac hisense ini sudah menggunakan jenis freon/refrigerant R32 yang bertekanan 140 - 160 psi jadi harus menggunakan pipa tembaga yang tebal sesuai standart R32.

Jadi bila terjadi kebocoran harus segara diperbaiki bila perlu ganti pipa yang standart untuk jenis freon r32 atau yang mempunyai ketebalan 0,6mm minimal.

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan tentang kode error E9 pada AC hisense. mungkin kurang detail penjelasannya, tapi intinya kebanyakan terjadi pada kebocoran freon, entah itu di pipa, nepel, evaporator atau kondensor.


Untuk layanan servis AC di Jakarta Selatan, Anda bisa menghubungi kami di nomor kontak 085268490810. Kami siap membantu Anda dalam menangani segala masalah terkait AC Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi kami jika memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut. Terima kasih.

Posting Komentar