Perawatan dan reparasi kulkas lengkap

Daftar Isi

perwatan dan reparasi kulkas

Perawatan dan Reparasi kulkas - Agar peralatan tahan lama dan jarang rusak, lakukan tindakan yang bersifat mencegah kerusakan. Tindakan pencegahan kerusakan pada kulkas dapat dilaksanakan setelah mempelajari sistem kerja kulkas yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan arus listrik.

Perawatan kulkas tidak selalu dengan cara mekanik atau elektronik, ada juga tindakan seperti kegiatan kita sehari-hari seperti menempatkan dan membersihkan kulkas.

1. Penempatan Kulkas

Kulkas biasanya ditempatkan di dapur atau ruang makan sebagai tempat menyimpan bahan-bahan untuk memasak dan makanan yang sudah masak, jangan beranggapan kulkas hanya cukup ditempatkan begitu saja, penempatan kulkas sangat berpengaruh terhadap daya kerjanya.

Dalam menempatkan kulkas, ada syarat-syarat yang sebaiknya dipenuhi antara lain adalah sebagai berikut.

a. Ruang tempat kulkas harus berventilasi sehingga imemungkinkan uap air di udara menyebabkan ter- bentuknya banyak es pada kondensor dan evaporator, penguapan akan terganggu.

b. Kulkas jangan terkena sinar matahari langsung, letakkan kulkas di tempat yang teduh, bila kondensor dan kompresor terkena sinar panas, pendinginan akan lambat dan pemakaian listrik menjadi lebih banyak.

c. Bagian belakang kulkas jangan diletakkan terlalu rapat ke dinding, beri jarak sekitar 10 cm, di permukaan evaporator harus terjadi sirkulasi udara, seluruh bagian kulkas harus mendapatkan udara mengalir.

d. Kulkas harus tegak dan mendatar, bila lantai kurang rata, buat posisi mendatar dengan cara menyetel baut kaki kulkas, posisi kulkas yang miring bisa mengganggu kinerjanya, air yang keluar dari saluran pembuangan bisa jatuh ke lantai, bak penampung miring dan air bisa tumpah, periksa ke dataran kulkas dengan alat yang dinamakan Nivo atau selang air.

e. Pemeriksaan mendatar kulkas bisa juga dengan cara membuka pintu kulkas dan biarkan menutup sendiri, bila pintu menutup dengan lembut berarti kulkas sudah berposisi mendatar.

2. Pemeriksaan Listrik Kulkas

a. Arus listrik yang tidak stabil dari PLN bisa menim- bulkan kerusakan pada jaringan listrik kulkas, maka pasang stabilizer untuk menstabilkan sumber arus.

b. Sambungan jack listrik yang ke stop kontak sumber arus listrik jangan digabung dengan jack lain, khususkan stop kontak itu hanya untuk kulkas.

c. Listrik sumber arus harus sebesar 5 - 6 kali daya listrik kulkas yang tertera pada kompresor, pada saat menghidupkan kompresor, listrik yang tersedot melonjak sampai 5 - 6 kali daya yang diperlukan sewaktu kerja.

d. Lampu kulkas harus menyala ketika pintu kulkas dibuka, tekan sakelar lampu, apabila lampu tidak mati, periksa sakelar lampu, kalau rusak diganti dengan yang baru, lampu yang tetap menyala ketika pintu ditutup akan membuat proses pendinginan di dalam ruang pendingin menjadi lambat, akibatnya pemakaian listrik lebih banyak.

e. Kipas motor bila pintu dibuka, tekan sakelar kipas motor, jika kipas motor tidak hidup, periksa sakelar kipas, ganti jika rusak.

f. Defrost timer bisa diperiksa dengan cara memutar tombol defrost searah jarum jam hingga terdengar bunyi klik, kompresor akan mati dengan otomatis, setelah itu biarkan selama tiga menit, putar kompresor akan hidup kembali, bila kompresornya tidak hidup berarti defrost rusak dan harus diganti.

3. Perawatan Karet Pintu

a. Perhatikan ketika kulkas hidup, apakah ada embun pada karet pintu, pada bagian yang berembun ini karet pintu tidak rapat atau rusak, ganti karet pintu karena akan menghambat proses pendinginan.

b. Engsel pintu harus diberi pelumas secara teratur untuk menghindari keausan engsel.

4. Pembersihan Kulkas

a. Bersihkan debu atau kotoran yang menempel pada kondensor dan kompresor, debu dan kotoran menyebabkan kondensor dan kompresor terhalang untuk mendapatkan udara dingin dari ruang.

b. Bersihkan es yang terlalu tebal pada permukaan evaporator, jangan menggunakan benda tajam, cukup dengan air hangat-hangat kuku, es ini menghambat penguapan pada ruang evaporator.

C. Bersihkan ruang pendingin secara teratur, kotoran yang menempel pada ruang pendingin menimbulkan bau yang tidak enak, bau ini bisa menempel pada bahan lain yang disimpan di kulkas.

5. Perbaikan Gasket Pintu Jika gasket pintu rusak atau retak, maka hal ini akan menurunkan efisiensi pendingin kulkas.

untuk perbaikannya dilakukan langkah sebagai berikut.

a. Test gasket pintu dari kebocoran dengan menem- patkan uang kertas di antara gasket dan tiang pintu dan tutuplah pintunya.

b. Jika uang kertas dengan mudah dapat keluar atau melorot, maka ini menandakan gasket pintu sudah rusak.

C. Gantilah gasket pintu dengan gasket baru yang sejenis dan pasang seperti semula.

6. Perbaikan Sakelar Pintu

Sakelar pintu berfungsi untuk menghidupkan lampu dalam kulkas, bila lampu dalam kulkas menyala terus menerus, hal ini akan menimbulkan panas yang dapat mempengaruhi pendinginan dalam kulkas.

Untuk perbaikannya dilakukan langkah sebagai berikut.

a. Bukalah pintu kulkas dan tekan sakelar pintu dengan jari tangan, lampu akan mati, bila lampu masih menyala saat ditekan tombolnya ini menandakan sakelar pintu sudah rusak.

b. Angkatlah sakelar pintu dengan membuka sekrup pengencang yang tersembunyi oleh tutup pengaman plastik.

c. Tes sakelar dengan multimeter untuk memastikan kerusakannya.

d. Bila sakelar pintu tidak dapat diperbaiki, gantilah dengan sakelar yang baru dan sejenis dan pasanglah seperti semula.

7. Perbaikan Sakelar Pengatur Suhu

Jika kompresor bekerja terus menerus walaupun ruangan freezer sudah cukup dingin, menandakan sakelar pengontrol suhu tidak bekerja (rusak). 

Untuk perbaikannya dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.

a Putar sakelar pengatur suhu pada posisi OFF, jika kompresor masih bekerja, berarti sakelar pengatur suhu rusak. 

b. Cabutlah steker kulkas dari stop kontak

c. Keluarkan sakelar dari tempatnya dengan membuka sekrupnya dan tes hubungan kontaknya dengan menggunakan alat ukur multimeter.

d. Bila kontaknya kotor atau berkarat, dapat dibersihkan dengan kikir halus atau kertas pasi. Jika kontaknya masih kurang baik, gantilah dengan yang baru dan sejenis dan pasang seperti semula.

8. Perbaikan Kipas Evaporator

Kerusakan kipas evaporator dapat menyebabkan ruangan evaporator kurang dingin yang dapat meng- akibatkan mesin kompresor bekerja lebih lama untuk mendinginkan ruangan evaporator tersebut.

Untuk perbaikannya dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.

a. Cabut steker dari stop kontak untuk memutuskan tegangan listrik.

b. Amati tempat kipas, apakah udara-udara yang keluar

dari kipas terhalang atau tidak. Bersihkan/perbaiki tempat di sekitar kipas agar udara dapat keluar dengan lancar. C.

d. Jika bilah-bilah kipas rusak/bengkok, luruskan dengan tang sampai perputaran kipas dapat berjalan lancar dan menghembuskan udara keluar.

e.Ukurlah tahanan kumparan motor setelah terlebih dahulu dilepas, dibuka terminalnya dengan alat ukur multimeter. 

f. Jika motor kipas rusak, gantilah dengan yang baru dan sejenisnya dan pasang seperti semula.

9. Perbaikan Sistem Pendinginan Bila kulkas tidak dingin dan kompresor bekerja normal, ada kemungkinan sistem pendinginannya rusak atau terjadi kebocoran bahan pendingin. 

Untuk mengecekdan memperbaiki sistem pendingin kulkas dapat di- lakukan langkah-angkah sebagai berikut.

a. Ukurlah besar arus listrik yang mengalir ke kompresor dengan menggunakan tang ampere. Bila besar arus listrik sama dengan arus nominal kulkas (lebih besar atau lebih kecil), maka menandakan kerusakan pada sistem pendinginan.

b. Carilah kebocoran bahan pendingin pipa, terutama pada pipa yang berkarat dan bagian evaporator kemudian tetesi dengan air sabun pada tempat- tempat yang dicurigai terjadi kebocoran.

c. Bila ada kebocoran pipa, tutuplah dengan las asetilen.

d. Bila tidak ada lagi kebocoran pada sistem pendingin, maka kulkas dapat divakumkan sampai tekanan sekitar 29 in Hg. Setelah mencapai titik vakum pada alat ukur tekanan

e. (manifold), maka bahan pendingin dapat dimasukkan
ke dalam sistem pendingin.

f. Sebelum memasukkan bahan pendingin, tunggulah dalam beberapa menit sambil mengamati alat ukur tekanan, jika jarum alat ukur bergerak menandakan ada kebocoran.

g. Setelah tidak ada yang bocor maka bahan pendingin dapat dimasukkan dengan membuka keran tabung bahan pendingin.

h. Perhatikan alat ukur tekanan lalu kedua keran manifold ditutup, kompresor dijalankan sampai meter ganda menunjukkan 0-5 psig dan meter tekan menunjukkan 80 - 100 psig.

i. Sambil kompresor berjalan, bukalah keran dekat meter ganda sedikit dan perhatikan meter ganda jangan sampai menunjuk lebih dari 20 psi.

Bahan pendingin terus diisikan sampai alat ukur meter tekan menunjukkan besaran antara 150 - 175 psi dan perhatikan evaporator dekat pipa kapiler sudah mulai terjadi bunga es, lalu pengisian bahan pendingin dihentikan dengan menutup keran pada manifold dan tabung bahan pendingin.

k. Setelah semua memenuhi syarat dan besar arus listrik sudah sesuai dengan arus nominal kulkas, matikanlah kompresor, setelah 5 menit hidupkan kembali lagi, jika kompresor berjalan dengan mudah, maka pipa pengisian dapat dibuntukan dan disolder ujungnya.

Cukup sekian pembahasan tentang perawatan kulkas dan reparasi kulkas, bila membutuhkan jasa service kulkas bisa hubungi kami sekarang juga.
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar