Freezer Kulkas Ketusuk, Tips dan Langkah-Langkah Perbaikan yang Perlu Anda Ketahui

Daftar Isi

Freezer Kulkas Ketusuk

Freezer Kulkas Ketusuk - 
Kulkas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting dan digunakan sehari-hari.

Salah satu komponen utama dari kulkas adalah freezer, tempat yang digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman dalam kondisi beku.

Namun, terkadang kecelakaan kecil dapat terjadi, seperti ketusukan pada dinding freezer.

Jika Anda menghadapi masalah seperti ini, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan singkat tentang bagaimana memperbaiki freezer kulkas yang ketusuk.

Berikut adalah cara memperbaiki freezer kulkas yang tertusuk ujung pisau:

1. Mengganti evaporator (freezer kulkas) yang tertusuk ujung pisau.

  • Jika lubang yang tertusuk memiliki ukuran lebar lebih dari 5 mm atau seukuran ujung obeng (-) dan terletak pada jalur tunggal, maka diperlukan penggantian evaporator.
  • Jika lubang yang tertusuk tembus pada freezer, maka penggantian evaporator juga diperlukan.
  • Jika kulkas sudah lama tidak diservice setelah terjadi kebocoran pada evaporator selama lebih dari 1 bulan, biasanya evaporator akan mengalami kerusakan yang lebih parah. 

2. Menambel evaporator freezer kulkas yang tertusuk pisau tau benda tajam lainnya.

Terdapat dua metode penembelan yang dapat digunakan:

A. Gunakan lem hijau khusus untuk menutupi evaporator yang bocor. Bentuknya mirip dengan kapur tulis.

Cara ini lebih mudah dilakukan karena evaporator tidak perlu dilepas. Untuk memperkuatnya, dapat ditambahkan lem alteco dengan bedak.

B. Gunakan kawat las aluminium. Cara ini lebih kuat, tetapi lebih sulit dilakukan karena evaporator harus benar-benar bersih tanpa adanya sisa minyak yang tersimpan di saluran evaporator.

Untuk membersihkan sisa minyak atau air, evaporator harus dilepas dan dibersihkan dengan menggunakan freon.

3.Mengganti oli kompresor.

Oli kompresor perlu diganti jika terdapat udara yang tercampur di dalamnya. Namun, jika tidak terdapat udara yang tercampur, minyak tersebut masih dapat digunakan selama masih jernih dan bersih.

4. Mengganti filter kapiler.

Pada proses pengisian ulang gas freon, jika terdapat kebocoran pipa atau kerusakan pada mesin, filter kapiler perlu diganti.

5. Melakukan penyegelan pada pipa pengisian.

Penyegelan diperlukan karena tekanan gas freon pada kulkas sangat rendah (10-15 psi). Jika terdapat kekurangan sedikit saja pada gas freon, maka kinerja pendinginan akan terpengaruh.

6. Vakum instalasi pipa kulkas

Vakum instalasi pipa adalah proses penting dalam pemasangan atau perbaikan sistem pendingin yang melibatkan pipa.

Vakum digunakan untuk menghilangkan udara dan kelembaban yang terperangkap di dalam pipa dan sistem, sehingga tercipta kondisi udara hampa yang optimal untuk pengisian refrigeran gas.

7.Isi gas freon / Refrigerant

Setelah memastikan sistem dalam kondisi vakum yang baik dan pipa sambungan pada pengelasan tidak bocor. Anda dapat melanjutkan dengan mengisi refrigeran gas sesuai dengan petunjuk pabrik. 

gunakan gas refrigerant sesuai type nya dan isi sesuai standart kulkas/kapasitas mesin.

Harap diingat bahwa perbaikan ini mungkin sulit dilakukan bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis mengenai sistem pendinginan.

Disarankan untuk memanggil teknisi yang berpengalaman jika Anda menghadapi masalah ini.

Apakah Anda sedang mencari service servis kulkas yang handal dan terpercaya di daerah Jakarta Selatan? Jika iya, Delta Multi Technic adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Delta Multi Technic adalah perusahaan yang memfokuskan diri dalam layanan perbaikan dan pemeliharaan kulkas di wilayah Jakarta Selatan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Delta Multi Technic menjadi pilihan yang terbaik untuk kebutuhan kulkas Anda.

Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar