Daftar lengkap Kode Error Pada Mesin Cuci Samsung

Daftar Isi

KODE ERROR MESIN CUCI SAMSUNG

Kode Error Pada Mesin Cuci Samsung -  Sekarang kami mau berbagi sedikit tentang kode error yang muncul pada display mesin cuci samsung, sehingga kesalahan pada mesin cuci bisa terdekteksi dengan mudah, jadi sangat memudahkan pemilik mesin cuci untuk mengetahui error pada mesin cuci.

Berikut ini kami berbagi daftar kode error mesin cuci samsung dan solusinya. Setiap solusi disini anda bisa lakukan sendiri dan tidak semua bisa dilakukan sendiri karena karena harus dilakukan oleh teknisi.

kode error mesin cuci samsung - Jika anda ragu ingin memperbaiki sendiri dengan solusi dibawah, maka kami sarankan untuk tidak memperbaiki sendiri karena ada komponen yang sangat sensitif.

BERIKUT DAFTAR KODE ERROR MESIN CUCI SAMSUNG DAN SOLUSINYA 

  • DE - Door Error (Kesalahan pintu)
 Pastikan Pintu Mesin Cuci Tertutup Rapat
  • 4E - Water Supply Error (Kesalahan pasokan air)
 Pastikan Air menggalir dengan kencang dan Kran air selalu terbuka penuh/tidak tersumbat dengan kototran.
  • 5E - Drain Error (Kesalahan pembuangan)
 Pastikan selang pembuangan terpasang dengan benar dan pastikan saringannya tidak tersumbat dengan kotoran/benda lainnya.
  • UE - Unbalance Error (Kesalahan tidak seimbangan)
 Mesin cuci bekerja tidak seimbang,pastikan pakain dalam tabung mesin cuci sudah rata dan cek ulang level mesin cuci apa sudah rata semua. Bila masih UE keluarkan Cucian dan masukkan satu persatu.
  • SUD - Foaming Detected (Berbusa terdeteksi)
 Memasukkan sabun kedalam mesin cuci terlalu banyak menyebabkan busanya menumpuk, biyarkan mesin cuci bekerja sendiri untuk menggurangi busanya dan akan normal kembali.
  • UC - Power Error (Kesalahan daya)
 Pastikan listrik dirumah anda tegangannya stabil dan cek ulang kabel yang power yang masuk ke mesin cuci apa ada yang kendor dan terkelupas. Dalam kode UC ini mesin cuci akan berhenti bekerja untuk melindungi komponen dari arus listrik yang tidak stabil.
  • LE / LE1 - Water Leakage Error (Kesalahan kebocoran air)
 Terjadi kebocoran air di selang pembuangan. Sering terjadi disebabkan karena terlalu banyak busa dan menyebabkan selang pembuangan air terlepas.
  • OE / OFF - Overflow Error (Kesalahan Luapan)
 Pastikan pendeteksi level air bekerja, pastikan selang air tidak terlipat sehingga menyebabkan air masuk lambat. Pasokan air bekerja terus menerus.
  • 4C - Water Supply not available (suplai air tidak tersedia)
 Pastikan kran air terbuka. Cek selang air masuk ke mesin cuci. Pastikan Filter di selenoid/kran bersih dari kotoran yang menyumbat. Pastikan pasokan air masuk cukup.

 Catatan - jika mesin cuci samsung anda menampilkan kode error 4C, biyarkan mesin cuci melakukan pengurasan kurang kebih 3 menit, selama waktu tersebut tombol power tidak berfungsi.
  • 4C2 - Cold water supply error (Pasokan air dingin error)
 Pastikan selang air dingin tersambung benar ke kran air dingin jika terhubung dengan air panas maka siklus pencucian akan berubah berapa saat.
  • 5C - Water drying error code (kode error air mengering)
 Kode error air tidak mengering. Pastikan selang pembuangan tidak tersumbat kotoran. pastikan posisi selang ar benar dan tidak rusak. Bersihkan filter selang pembuangan mungkin ada yang sumbat. 
  • DC - Door open error (error kode pintu terbuka)
 Kode error disebabkan oleh waktu pengeringan dengan pintu terbuka. Pastikan pintu tertutup dengan rapat. Pastikan cucian tidak terjepit pintu.
  • HC - Heater control error (kesalahan pemanasan)
 Pastikan wadah saringan atau kondensor bersih.
  • LC / LC1 - Drain hose error (error selang pembuangan)
 Pastikan selang pembuangan benar dan ujung selang pembuangan ditaruh dilantai. 

 Catatan- ketikan mesin cuci menampilkan kode error LC / LC1 ini tombol power tidak berfungsi dan mesin cuci akan melakukan pengurasan selama 3 menit.
  • UB - Error code due to spinning not working (kode error disebabkan spinning tidak berfungsi)
 Pastikan cucian tersebar merata. Pastikan mesin cuci pada level datar dan stabil. Jika cucian cuma 1 baju atau sedikit mungkin putaran akan tidak stabil dan bisa menampilkan kode UB pada layar.
  • 1E - Water level sensor error (Kesalahan sensor ketinggian air)
 Pastikan selang suplai air tidak tersumbat dengan material asing. Pastikan selang air tidak terjepit / terkekuk sehingga menyebabkan penyumbatan pada air masuk. Pastikan penyuplai air / selang air tidak terlepas dari kran air.
  • 5D - Choked drain error (Kesalahan saluran pembuangan tersendat)
 Pastikan saluran pembuangan tidak tersumbat oleh kotoran. Cek kabel kabel motor drain apakah ada yang rusak. Cek pompa drain apakah berfungsi dengan normal.

Langkah awal yang kami sarankan ialah reset terlebih dahulu mesin cuci samsung, dengan cara matikan mesin cuci dan cabut kabel power/colokan sekitar 10 menit, lalu colokan kembal dan hidupkan ulang mesin cuci.

catatan - jika kendala masih terjadi masih pada mesin cuci samsung anda, kami sarankan hubungi tukang yang profesional di kota anda. jika anda tinggal di jakarta selatan bisa hubungi team kami. Service mesin cuci jakarta selatan.

Cukup sekian artikel yang kami bagikan tentang kode error  mesin cuci samsungdan solusinya, mudah mudahan dapat membantu anda semua dalam mercari arti kode error mesin cuci samsung. Terimaksih

Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar