Mesin Cuci 2 tabung Tidak berputar Hanya Berdengung

Daftar Isi

penyebab mesin cuci 2 tabung tidak berputar
Mesin cuci 2 tabung tidak mau berputar, yaa disini kami akan menjelaskan sedikit tentang penyebab mesin cuci dirumah anda yang tidak berputar atau cuma berdengung saja.

Sedikit kami berikan solusi semoga dapat membantu anda yang sedang kebinggungan mesin cucinya amu dipakek tidak berputar secara tiba tiba.

Penyebab mesin cuci 2 tabung tidak mau berputar :

1.kabel putus

Kabel putus bisa dari kabel power mesin cuci,kabel bodi mesin cuci atau putus pada gulungan dinamo. untuk kabel putus ini silahkan dicek dulu putusnya, bila ketemu silahkan disamsung kembali, jika ada yang pasti dicek kebagian kedua. (yang sering dialami teknisi kami putus kabel bodi karena dimakan tikus)

2.Timer pencuci atau pengering

Untuk timer ini biasanya disebabkan karena usia pemakaian sudah lama jadi menyebabkan dikomponen timer jadi gak berfungsi lagi.

Solusi untuk timer ini silahkan ganti yang baru swsuai dengan model timer mesin yang anda miliki.

3.Kapasitor rusak

kapasitor mesin cuci 2 tabung ini bisa dibilang kapasitor double karena 1 kapasitor untuk 2 dinamo, yang 1 dinamo pencuci dan yang 1 lagi dinamo pengering.

Biasanya untuk kasus kapasitor ini mati sebelah, jadi diantara kedua dinamo tidak berputar atau berdengung saja.

Sebelum ganti cek kenilai kapasitor menggunakan multimeter digital, pastikan nilai yang adan ukur sesuai dengan namplate yang ada dikapasitor, jika tidak sesuai atau menunjukkan akang 000 maka bertanda mati.

Silahkan ganti kapasitor yang sama ukurannya.

4.Karet V belt

Karet V belt pada mesin cuci ini bisa kendor dan rusak. Bila rusak tandanya pada karet sudah pada retak retak dn jika cuma kendor saja silahkan kencangkan kembali adjuster v bletnya, jangan terlalu kencang juga ya.

Bila rusak gaanti saja dengan yang baru sesuai ukuran v blet tersebut, setiap mesin cuci memiliki ukuran masing masing.

5.Motor dinamo lemah atau mati

motor dinamo ini ialah pengerak mesin cuci untuk memutarkan tabung pada saat pencucian atau pengeringan, Untuk kasus ini yang sering terjadi pada meisn cuci 2 tabung ialah pada dinamo pengering karena over kapasitas, terlalu banyak isi pada saat pengeringan.

Team kami sering banget menangani masalah pada dinamo pengeringan,masalahnya dari kebakar dinamonya, putus gulungan dinamo, kena air karena seal AS pengering rusak atau aus.

Untuk dinamo pencuci/wash sih gak menutup kemungkinan terjadi rusak juga sih, tapi team kami sangat jangan sekali untuk kasus pada dinamo pencuci, sangat sering di dinamo pengering.

langsung ganti saja dengan yang baru ya untuk dinamo rusak ini, mura kok harganya kalau beli sendiri dn pasang sendiri, pasti model dudukan dinamo sama  ya saat beli, usahakan dinamo yang rusak dibawa saat beli biyar tidak ada kekeliruan.

6. Terlalu banyak beban

mesin cuci 2 tabung memang tabung pencucian nya besar sih, tapi kalau diisi banyak suka bikin mesin cuci tidak mau berputar atau berdengung saja.

Pada saat mau mencuci pastikan diisi dengan sesuai kapasitas mesin cuci biyar tidak terjadi tidak mutar atau berdengung saja.

Bila terjadi tidak mutar cukup coba kurangi saja beban pencucian,

Mesin cuci 2 tabung tidak berputar disebabakan karena 6 penyebab diatas, bila anda ragu untuk memperbaiki sendiri silahkan panggil tukang spesialis mesin cuci terdekat anda. jika anda bisa sendiri dan berani boleh kok diperbaiki sendiri.

Itu saja yang dapat kami ketik, mudah mudahan dapat membantu anda semua dalam mencari masalah mesin cuci tidak mau berputar.


Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar