Penyebab Freezer Kulkas Dingin, Tapi Tidak Bisa Beku

Daftar Isi

freezer dingin tapi tidak beku

 Freezer kulkas dingin tapi tidak beku - Freezer merupakan salah satu bagian dari kulkas yang berfungsi untuk mengawetkan bahan makanan dengan cara dibekukan.

Didalam freezer ini kita bisa menyimpan berbagai bahan makanan seperti daging,froozen food, membuat es batu dan bahan makanan lainnya.

Tapi dimana ada kalanya kulkas kita mengalami masalah pada freezernya yang membuat bahan makanan didalam tidak bisa beku atau tidak dingin sama sekali.

Pasti bila terjadi seperti itu akan sangat jengkel sekali kita, bahan makanan banyak kulkas tidak bisa dingin. kalau dibiarkan akan membesuk dan bikin bau kulkas tidak enak.

Yang akan kita bahas kali ini, kulkas dingin tapi tidak bisa membekukan makanan atau tidal bisa untuk membuat es batu.

Kenapa kulkas dingin tapi tidak bisa membeku atau jadi es batu ?, simak dibawah ini.

1.Thermostat rusak

Kok bisa, ya bisa dong namanya juga elektronik setiap hari dipakek. Thermostat merupakan bagian untuk mengatur suhu dalam kulkas, komponen ini sangat penting sekali untuk menjaga suhu dalam kulkas tetap stabil sesuai yang kita inginkan.

Bila thermostat ini rusak biasanya ditandai dengan suhu dalam ruangan tidak stabil dan tidak dingin sama sekali.

2.Pengaturan suhu tidak tepat.

Freezer tidak bisa disebabkan oleh pengaturan suhu thermostat yang tidak tepat, atur suhu freezer sesuai dengan standartnya.

3. Motor kipas evaporator tidak berputar.

Motor kipas evaporator berfungsi mengalirkan udara di atas koil evaporator ke seluruh bagian freezer dan seluruh kulkas.

apabila motor kipas evaporator bermasalah, freezer tidak bisa membekukan makanan yang ditaruh difreezer.

4.Coil kondensor kotor.

Coil condensor bisa terletak dimana saja, namun kebanyakan terletak berada di bagian belakang agar lebih terlindung.

Dalam beberapa kasus, komponen ini bisa mengalami masalah, termasuk dipenuhi dengan kotoran. Jika demikian,  bisa menurunkan kinerja freezer dan menyebabkan freezer tidak bisa beku.

5.Coil evaporator tertutup.

Coil evaporator sangat rawan tertutup. Penyebabnya cukup banyak, salah satunya masalah yang terjadi pada sistem defrost.

Biasanya masalah ini sering terjadi pada jenis kulkas non-inverter, yang ditandai dengan munculnya gejala freezer mudah dipenuhi dengan bunga es.

6.Start Relay Tidak Berfungsi

Start relay merupakan komponen yang berfungsi sebagai pemasok daya menuju kompresor atau untuk membantu hidupkan kompresor dengan mudah.

Jika Sparepart ini tidak berfungsi, sudah tentu kompresor juga tidak akan hidup. Imbasnya, kulkas Akan tidak dingin sama sekali.

Selain masalah freezer diatas masih banyak sekali masalah yang terjadi lainnya, yang kami tuliskan sesuai dengan pengalaman yang sering terjadi.

Maka dari itu sangat penting sekali merawat kebersihan kulkas untuk selalu menjaga kinerja kulkas kita maksimal dan untuk menhindari masalah freezer dingin tapi tidak beku.

Dapatkan layanan jasa service terpercaya diwilayah jakarta selatan dengan order dikontak kami. (Service AC-Kulkas-Mesin cuci) service panggilan diwilayah jakarta selatan dan sekitarnya.

Butuh jasa service kulkas hubungi kami di - service kulkas jakarta selatan

Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar