Penyebab Kode Error H6 Pada AC Gree Serta Solusi

Daftar Isi

kode error ac gree h6

 kode error AC gree h6 - Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai masalah atau kerusakan pada AC rumah, terutama mengenai kode error H6 pada AC merek GREE.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan AC saat ini menjadi sebuah kebutuhan dan dapat membantu menurunkan suhu ruangan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.

Namun terkadang AC juga mengalami kerusakan yang bisa membuat kita merasa kesal. Salah satu masalah yang sering terjadi pada AC GREE adalah kode error H6.

Kode error h6 ini berkaitan dengan sensor kecepatan motor, dimana micom mendeteksi bahwa motor tidak berputar atau putaran motor fan tidak normal.

Sensor pembaca kecepatan motor menggunakan De Effecto Hall yang terdapat di dalam motor.

Membacanya dilakukan melalui magnet yang berputar pada sumbu rotor. Jika sensor ini bermasalah atau jalurnya terganggu, maka motor fan indoor akan berputar dengan kecepatan penuh dan akan muncul kode error H6 di display (atau led timer akan kedip-kedip jika tanpa display), kemudian motor fan akan mati.

Pada beberapa masalah AC GREE, jika muncul kode error H6, maka harus dilakukan direset terlebih dahulu dengan cara :

  1. Matikan AC Gree Anda dari saklar atau MCB listrik.
  2. Tunggu selama 5-10 menit untuk memastikan bahwa sistem telah sepenuhnya dimatikan.
  3. Hidupkan AC Gree lagi.

Namun ketika dihidupkan kembali menggunakan remote, kode error H6 masih Muncul perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut bagian sparepart.

Untuk mengatasi kode error H6 pada AC Gree yang disebabkan oleh sensor kecepatan motor, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan :

1. Cek kabel sensor : Periksa sensor kabel De Effecto Hall pada motor fan indoor. Pastikan kabel tidak putus atau rusak dan terhubung dengan baik.

2. Membersihkan dinamo motor : Membersihkan dinamo motor dalam ruangan dari kotoran dan serangga yang dapat menyebabkan sensor tidak berfungsi dengan baik.

3. Ganti dinamo motor : Jika dinamo motor dalam ruangan rusak atau tidak dapat diperbaiki, ganti dengan dinamo motor yang baru atau bekas yang masih berfungsi dengan baik.

4. Periksa bearing : Bearing dalam dinamo jika mengalami kerusakan bisa menganggu putaran dinamo fan.

5. Periksa kebagian PCB modul AC : Sering terjadi rusak pada pcbnya juga, cek bagian aisi dan kapasitor fan.

6.Putar blower dengan tangan : bantu putar blower fan dengan tangan anda, masalah ini sering terjadi jika AC gree lama tidak dihidupkan.

Selain itu, terkadang kita juga menemukan motor fan indoor yang seret putarannya disebabkan oleh semut yang masuk ke dalam motor fan sehingga sensor mendeteksi bahwa motor fan tidak berputar.

Oleh karena itu, jika mengalami masalah dengan kode error H6 pada AC GREE, fokuslah pada masalah motor fan indoor terlebih dahulu.

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas error H6 masih muncul, sebaiknya segera memanggil teknisi AC untuk memperbaiki kerusakan lebih lanjut.

Teknisi AC akan dapat membantu memeriksa dan memperbaiki kerusakan yang lebih kompleks pada AC Gree Anda.

Butuh jasa service ac AC wilayah jakarta selatan dan sekitarnya, kami delta multi technic siap membantu masalah pada AC gree anda, kontak kami.

baca juga :

kode erro AC gree

Kode error ac gree E5

kode error ac gree h3


Posting Komentar