Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Daftar Isi


penyebab kulkas tidak dingin

Penyebab kulkas tidak dingin - biasanya sangat beragam sekali masalahnya, dari yang masalah sepele sampai masalah yang sangat sulit sekali.

Ada yang keluar bunga ES, dari pemakain kulkas yang salah juga bisa jadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin, tegangan listrik dirumah tidak stabil, isi kulkas yang terlalu penuh.

Kulkas memiliki fungsi untuk menyimpan makanan untuk menjadi tahan lama dan awet, jadi diperlukan pendinginan dalan kulkas yang baik dan cukup untuk makanan yang ada didalamnya.

Jadi terkadang kulkas ini suatu saat juga dengan tiba tiba mengalam kerusakan atau tidak dingin, kulkas yang tidak dingin tentu akan menyebabkan isi dalam kulkas akan menjadi basi semua.

Berikut penjelasan tentang kulkas tidak dingin dan penyebabnya :

1. Mengatur suhu kulkas yang salah

Jadi berapa suhu kulkas yang benar untuk kulkas dirumah. suhu kulkas yang normal 4 celcius dan untuk freezer -18celcius. Bila kulkas dirumah anda 2 pintu atas bawah, kebanyakan sudah diatur otomatis oleh sistem nya. untuk kulkas 1 pintu silahkan atur pada suhu normal atau cold pada putaran knop didalam kulkas, atau atur sesuai kebutuhan saja.

2. Bunga es terlalu tebal

Bila ada bunga es terlalu tebal ini bisa menyebabkan kulkas tidak dingin juga karena bunga es yang terlalu tebal bisa menutupi lubang angin keluar, jadi sirkulasi udaranya tidak normal, segera periksa apa penyebab bunga es ini.

3. Memasukkan makanan kedalam kulkas dalam posisi masih panas

Jika kita menyimpan terlalu banyak makanan panas kedalam kulkas menyebabkan suhu dingin dalam kulkas akan menurun drastis karena berinteraksi langsung dengan hawa makanan yang dimasukkan tadi.

4. Disebabkan oleh stop kontak listrik

Stop kontak listrik ini jarang sekali disadari leh pemilik kulkas, stop kontak yang longgar dapat menganggu aliran listrik yang masuk ke kulkas tidak stabil jadi membuat  kinerja kulkas tidak normal.

5. Pastikan kanan kiri dan belakang kulkas punya jarak

Jarak kulkas ini diperlukan untuk sirkulasi udara untuk sistem kulkas, jika kanan kiri dan belakang kulkas rapat tidak ada jarak maka bisa menyebabkan kulkas dingin nya lama atau bisa menjadi tidak dingin sekali.

6. Freon

Nah untuk freon pada kulkas sangat jarag sekali sih, freon pada kulkas habis disebabkan karena terjadi kebocoran pada jalur (kondensor atau evaporator). Bisa juga disebabkan karena jalur freonnya mampet atau buntu karenan jalur freon nya kotor.

7. Sparepart kulkas

Sparepart kulkas menjadi pemicu yang sering menyebabkan kulkas tidak dingin, bisa dari komponen timer, thermostat,pcb modul, kompresor, ptc relay dan karet pintu yang sudah rusak.

Itu beberapa penyabab kulkas tidak dingin yang sering kita jumpai, jadi perhatikan dalam memakai kulkas dan rawat juga kulkasnya biyar awet tahan lama.

Jika adan punya masalah kulkas tidak dingin, hubungin team kami sekarang juga, service kulkas jakarta selatan

Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar